9 Cara Meraih Sukses


Mulai jenuh dengan pekerjaan sehari-hari di kantor? Wah, jangan cepat menyerah dan putus asa. Tarik napas dalam dan simak triknya untuk menuju sukses!

Apakah Anda mulai tak senang dengan pekerjaan atau dengan apa yang Anda lakukan, tetapi tetap harus dilakukan demi sesuap nasi? Apakah Anda merasa tak mampu menggunakan bakat dan melakukan hal-hal yang tidak membuat stres? Apakah Anda merasa pekerjaan selama ini monoton?

Tidakkah Anda ingin berada di posisi ideal? Sebagian besar orang menghabiskan kurang lebih 35 -65 persen waktunya dalam sehari untuk bekerja. Jika Anda tak bahagia melewati sebagian besar dari waktu bekerja, maka akan sulit untuk bisa menikmasi sisa waktu yang tersedia.

Anda perlu memikirkan bagaimana menjalani kehidupan jika sungguh-sungguh menyukai pekerjaan Anda. Pada karier ideal, Anda akan melakukan pekerjaan yang disukai dan memperlihatkan prestasi dengan baik, yang akan memnghasilkan imbalan lebih dari yang dibutuhkan. Terdengar mustahil? Ternyata tidak, kok.
Berikut ini 9 rahasia untuk mencapai karier yang Anda sukai dan nikmati:



Rahasia #1 Pusatkan Perhatian Pada Diri Sendiri
Sebagian besar orang mengerjakan tugas yang sama setiap harinya. Mereka mengambil kesempatan yang tampaknya merupakan pekerjaan terbaik lalu mencobanya. Mereka menyesuaikan dengan keinginan atasan dari perusahaan. Akhirnya mereka jenuh dan tak mengalami kemajuan pada pekerjaan maupun karier yang sama sekali tak disukai.
Lalu mereka memutuskan untuk mencoba kesempatan di tempat lain. Ternyata kejenuhan dan kebosanan pun terulang lagi. Agar keluar dari kebiasaan ini dan untuk mendapatkan karier ideal, Anda harus lebih dulu melihat pada keinginan dan kebutuhan Anda. Sebelum memilih posisi berikutnya, perlu diketahui apa karir ideal Anda.

Rahasia #2 Temukan Cita-cita Sesungguhnya
Setiap orang pasti memiliki cita-cita atas kariernya, tetapi biasanya tertahan oleh berbagai alasan. Walau Anda tak menyadari punya keinginan tertentu, di bawah alam sadar keinginan itu pasti ada. Anda mungkin dipenuhi minat-minat yang tersembunyi ketika melakukan hal yang membuat Anda merasa sangat bahagia.
Sebaliknya, ketika dilanda stres, mungkin disebabkan karena melakukan hal yang sangat tak ingin Anda kerjakan. Begitu tahu apa yang disukai dan tidak, Anda akan bisadapat memposisikan diri untuk memenuhi keduanya.
Jika mengikuti keinginan, Anda akan menghilangkan konflik dan Anda memiliki energi yang lebih banyak, lebih senang, dan menjadi lebih baik dari apa yang telah dilakukan.

Rahasia #3 Temukan Hasrat & Prioritas
Sebagian besar orang tidak memanfaatkan waktu di dalam kehidupan untuk menemukan hasrat dan prioritas yang sesungguhnya. Anda tampaknya hanya mengerjakan segala hal seperti air mengalir, dan berharap apa yang telah dilakukan menuju ke arah yang benar. Anda cenderung menahan hasrat dan prioritas yang sesungguhnya demi orang lain.
Namun, salah satu alasan terbesar mengapa Anda merasa frustrasi dalam melakukan pekerjaan adalah ketika adanya konflik antara keingingan dan prioritas yang sesungguhnya. Kesadaran atas konflik ini akhirnya menciptakan rasa bersalah, keragu-raguan dan stres.

Memang Anda dapat mengimbangi prioritas pribadi, pekerjaan, dan keluarga Anda. Tetapi hanya setelah Anda menggali cara menemukan keinginan dan prioritas yang sesungguhnya.

Anda dapat mengatur pekerjaan di sekitar prioritas pribadi yang akan membuat Anda bekerja lebih baik dan meraih ganjaran tambahan yang selayaknya didapat. Misalnya, perhatikan berapa banyak bisnis yang dikerjakan di rumah bisa membuat seseorang memenuhi prioritas pekerjaan dan keluarga tanpa mengalami konflik berarti.

Rahasia #4 Temukan Nilai Diri Sesungguhnya
Setiap orang memiliki sistem nilainya sendiri. Sayangnya, yang kerap dilakukan adalah jarang memberikan perhatian pada diri sendiri, dibandingkan menolak nilai yang dibebankan perusahaan tempatnya bekerja.

Perhatikan perusahaan-perusahaan besar yang dipimpin orang-orang tak jujur. Apakah semua pegawainya juga tak jujur? Tentu tidak. Sebagian besar pegawai pasti memiliki nilai kejujuran, namun sayangnya justru merekalah yang dipecat.

Rahasia #5 Temukan Bakat Sesungguhnya
Semua orang diberkahi bakat-bakat tertentu dan jarang mencoba mencari tahu apa itu. Anda akan lebih senang bekerja, lebih produktif, dan memberikan hasil lebih bermutu jika memanfaatkan bakat semaksimal mungkin di tempat kerja.
Produktivitas yang meningkat dan hasil lebih bermutu akan memberikan nilai plus pada diri Anda. Dengan menyesuaikan bakat alami pada pekerjaan, akan tercipta kenikmatan lebih besar, dan di saat bersamaan perolehan penghargaan juga meningkat.

Rahasia #6 Ciptakan & Kembangkan Posisi Ideal
Orang jarang melakukan langkah ini karena terjebak pada rutinitas mencari kesempatan bekerja dan metoda mencari pekerjaan yang mencelakakan. Mengapa? Mereka diyakinkan, tak mungkin menciptakan posisi penghasilan yang sesuai bagi dirinya, bahkan pada saat diminta untuk melakukan apa yang diinginkan.
Ingat, proses pemilihan pekerjaanlah yang salah, bukan diri Anda. Begitu tahu cita-cita, keinginan, nilai dan bakat Anda, praktis akan mampu mengembangkan dan menemukan sejumlah karier yang memungkinkan untuk dipenuhi di saat bersamaan.

Kini Anda akan bisa menciptakan posisi yang cocok dan bukan mengambil posisi apa saja lalu menyesuaikan diri dengan pekerjaan itu. Percaya atau tidak, semakin Anda tahu mengenai diri sendiri, semakin mudah menciptakan dan menemukan posisi ideal.

Rahasia #7 Segera Raih Posisi Ideal!
Kini Anda siap dengan posisi ideal. Jika posisi ideal sudah mantap, Anda akan kagum betapa mudah dan cepatnya Anda mampu mendapatkannya. Antusiasme, rasa percaya diri, bakat-bakat dalam bekerja, dan terutama kemampuan dalam menghasilkan pekerjaan yang bermutu, akan memberi manfaat pada perusahaan tempat Anda bekerja.
Pimpinan perusahaan akan tahu Anda berprestasi dan ingin maju, bukan hanya sekadar bekerja. Jika posisi Anda bukan sebagai pekerja, melainkan pemilik perusahaan atau kontraktor yang mandiri, Anda akan mudah dan cepat memulai proses membangun posisi yang cocok dengan kriteria pribadi Anda.

Rahasia #8 Minta Bantuan Dari Orang Yang Tepat
Orang diyakinkan untuk dapat dengan mudah melihat ke dalam diri sendiri dan menemukan apa yang ada di dalamnya. Menemukan apa yang sungguh-sungguh Anda inginkan, bakat atau nilai yang sesungguhnya bukanlah proses bantuan diri sendiri.

Sebagai manusia, tak dapat melihat wajah diri tanpa cermin atau foto diri. Maka Anda harus memiliki orang lain sebagai cermin obyektif untuk melihat apa yang sungguh-sungguh ingin dilakukan dan menjadi orang bagaimana yang diinginkan dalam kehidupan. Cari dan dapatkan orang yang bisa menjadi kaca obyektif untuk menemukan kebenaran mengenai diri Anda agar bisa menciptakan posisi ideal.

Rahasia #9 Tetap Di Posisi Ideal Sampai Tiba Waktunya
Banyak orang mendapatkan posisi yang sangat mereka sukai untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Sejalan dengan itu, datanglah promosi untuk mengangkat pegawai yang sangat produktif dan bahagia.
Mereka dituntut berprestasi lebih baik dan lebih antusias lagi karena dibayar lebih mahal, serta statusnya pun lebih tinggi. Tetapi, ternyata bukan itu yang mereka inginkan. Posisi baru yang lebih tinggi jauh berbeda dari pekerjaan sebelumnya yang sangat mereka cintai. Menerapkan posisi baru lebih sulit, bisa menciptakan konflik dan stres, terutama dengan adanya tuntutan untuk bekerja lebih keras.

Begitu berada pada posisi ideal, Anda perlu memiliki keberanian untuk tetap pada posisi ini sampai keinginan dan kebutuhan berubah dan mendorong untuk mendapatkan posisi baru yang sesuai dengan kriteria baru.
Penerimaan promosi akan merusak terlalu banyak hubungan pekerjaan yang bahagia. Ambil kendali atas pekerjaan dan terima promosi hanya bila promosi itu meningkatkan kemampuan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan pribadi Anda.

Share this article :
 
2 Komentar Blog
Tweets
Komentar FB

+ komentar + 2 komentar

10 Desember 2008 pukul 20.52

pertamax....
tips yang cukup menarik.saya jadi da masukan utk ngatasin stress yg kadang saya hadapi.mungkin kunci dari keberhasilan dalm pekerjaan adalah bekerja dengan hati dan ikhlas ya..tul ga? :-)

11 Desember 2008 pukul 23.09

Yup. Betul itu

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cinta Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger